Do and Don't dalam Web Design
Web Development
1 March 2022

Di jaman yang segala sesuatunya sudah serba digital ini, peran website dapat dikatakan penting buat bisnis Anda. Diperkirakan ada 875.000 pengguna internet di setiap harinya. Dan data tersebut juga menunjukkan rata-rata users menghabiskan waktu 7 jam online setiap hari, untuk mengunjungi berbagai macam situs. Untuk menarik perhatian pengunjung, website yang kita kelola sebaiknya memiliki web design yang menarik.

Apa itu Web Design?

Web design adalah istilah desain visual yang diterapkan pada website dalam bentuk grafis atau animasi digital. Untuk menciptakan tampilan kepada pengunjung web. 

3 Cara Memilih Web Designer Yang Baik - Woiden

Saat pertama mengunjungi situs web, biasanya fokus kita adalah desain atau tampilan dari website tersebut, sebelum kemudian kita mencari informasi dan melihat isi kontennya. Maka dari itu, dapat dikatakan bahwa desain sebuah web akan menjadi penentu, apakah pengunjung tersebut akan lanjut mengakses web atau justru meninggalkannya. 

Do and Dont Web Design

The Do's and Don'ts of Web Design - The Next Scoop

Agar kita dapat memberikan yang terbaik bagi pengunjung web, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membuat web design untuk memberikan hasil yang maksimal. Berikut adalah beberapa contoh, apa yang sebaiknya dilakukan dan apa yang sebaiknya tidak dilakukan dalam web desain.

  • Do : Keep your interface consistent

Tampilan serta nuansa keseluruhan dari web, sebaiknya haruslah konsisten pada setiap halaman. Usahakan untuk tetap mengusung 1 tema yang sama pada tiap elemen-elemen seperti navigasi, warna, tipografi, ikon, dan sebagainya.

  • Dont : Overdo it with 20 different colors

Jika menggunakan banyak warna alias tidak konsisten, hal ini justru akan mengganggu pengguna atau pengunjung.

  • Do : Set your navigation up properly

Memiliki navigasi yang baik sangat penting untuk memastikan bahwa pengunjung dapat menemukan apa yang mereka cari

  • Dont : Don't make a complicated navigation

Pilihan navigasi menu menu yang banyak serta rumit tidak tertata akan membuat user meninggalkan website karena kesulitan menjelajahi situs.

  • Do : Make your website responsive

Dengan membuat website yang responsive, akan membuat pengguna dapat dengan mudah mengakses situs web dari gadget dengan tampilan yang tidak berubah. Untuk membuat website yang responsive sediakan paling tidak 3 type design untuk mobile/tablet, desktop maupun PC

ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL LAINNYA
× Popup Image
Konsultasi gratis