Collaboration Tools Yang Memudahkan Work From Home(WFH)
Software
24 February 2022

Dengan adanya pandemi covid-19, pemerintah mengharuskan kita untuk WFH (Work From Home) untuk mengurangi dan menghindari penularan virus tersebut. Bagi kita yang bekerja secara tim atau berkelompok, tentu saja kita harus mencari cara agar pekerjaan kita tetap produktif dan tugas-tugas yang kita kerjakan dapat dikerjakan dengan tim dengan baik, walau dari rumah saja.

Metode Work From Home yang Bisa Membuat Pekerjaanmu Berantakan - Pintaria  Blog

Salah satunya dengan menggunakan collaboration tools yang dapat membantu para pekerja WFH, alias bekerja dari rumah.

Karena saat kita bekerja dari rumah, mungkin akan ada beberapa kendala yang akan dihadapi, terlebih jika kita bekerja secara tim, yaitu:

  • Kesulitan dalam berkomunikasi

  • Salah paham dalam mengerjakan tugas

  • Sulit berdiskusi bersama-sama

  • Tidak mengetahui progress tim sevcara paasti.

Untuk itu, kita tentunya membutuhkan bantuan dari tool kolaborasi, yang kehadirannya memang sedang populer akhir-akhir ini. Berikut adalah beberapa contoh aplikasi tool kolaborasi :

1. Google Workspace

Google worksapce merupakan layanan produktivitas dan kolaborasi yang dikemangkan oleh google dengan bebrbagai aplikasi yang mendukung kita dapat bekerja dari rumah secara tim, antara lain

  • Google Sheet

  • Google Slide

  • Google Docs

  • Google Drive

  • Google Meet

Dengan beberapa aplikasi tersebut, penggunaan editor online menjadi lebih mudah untuk dilakukan bersama secara realtime. 

2. Clickup

Merupakan aplikasi manajemen proyek yang lengkap, seperti manajemen tugas dan waktu, kolaborasi tim dan pelaporan untuk memantau progress dengan mudah.

3. Figma

Bagi kalian yang bekerja di dunia website, Figma merupakan tools kolaborasi yang sangat bermanfaat, karena kita bisa membuat desain, menguji dan mengirimnya. Tak hanya itu, tools kolaborasi ini memiliki fitur untuk membuat prototype, membagikan hingga menerima feedback dari anggota tim secara mudah.

4. Zeplin

Tools kolaborasi ini, memudahkan komunikasi antara designer dan developer. Dengan menggunakan tools ini, akan sangat membantu dalam mengeksplor aset design seperti icon, color layout, image, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dengan menggunakan tools collaboration tentu akan sangat mempermudah pekerjaan yang kita lakukan dari rumah. Karena kondisi situasi saat ini, menunjukan bahwa alat pendukung kolaborasi online sangat penting untuk menambah dan menjaga produktivitas karyawan dan perusahaan

ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL LAINNYA
× Popup Image
Konsultasi gratis