Cara Aman Aktifkan VPN di Android dan Iphone
Technology
1 September 2022

Mungkin bagi sebagian orang, VPN sering dikonotasikan dengan hal-hal yang bersifat negatif atau buruk. Padahal sejatinya, VPN dapat menjadi salah satu solusi untuk melindungi privasi dan menjaga keamanan saat kita berinternet. Apa sebenarnya VPN itu?

10+ melhores imagens de Vpn · Download 100% grátis · Fotos profissionais do  Pexels

VPN merupakan singkatan dari Virtual Private Network, yang awalnya bertujuan untuk mengkoneksikan jaringan antar gedung perkantoran secara aman dan dapat menggunakan jaringan kantor dari rumah atau tempat lain. Secara sederhana, VPN akan memberikan Anda akses ke website secara aman dan mandiri, dengan mengubah jalur koneksi melalui server dan menyembunyikan pertukaran data yang terjadi.

Menyembunyikan pertukaran data disini, artinya, riwayat jelajah internet Anda tidak akan bisa dilacak. Karena ketika Anda menggunakan internet tanpa VPN, penyedia layanan internet (ISP) Anda yang menjadi jembatan utama antara perangkat Anda dan internet, akan menetapkan IP address khusus ke perangkat Anda, sehingga melacak semua website yang Anda buka. Namun karena VPN bersifat aman dan mandiri, maka ketika VPN diaktifkan, seluruh akses ke website akan diteruskan melalui jalur terenkripsi.

VPN berfungsi untuk menjaga privasi, memberi kebebasan, keamanan, dan kenyamanan saat berinternet. Untuk jenisnya, ada berbagai jenis VPN yang dapat Anda gunakan, dan yang paling umum, adalah personal, remote access, mobile, dan site-to-site. 

Untuk mengaktifkan VPN pada perangkat handphone Anda, sebenarnya bisa dengan menginstall aplikasi yang menyediakan VPN, di playstore ataupun apple store. Misalnya Turbo VPN, Thunder VPN, VPN Master, Windscribe, dan masih banyak lainnya. Namun, ada juga cara yang bisa Anda lakukan, untuk mengaktifkan VPN, tanpa harus menginstall aplikasi. Mau tahu caranya?

Berikut adalah cara mengaktifkan VPN di Smartphone Android :

  1. Saat ingin membuka sebuah website dengan browser Google Chrome, klik titik tiga di pojok kanan atas untuk masuk ke menu Setting atau Pengaturan

  2. Pilih Privacy and Security

  3. Klik Use Secure DNS

  4. Lalu pilih opsi “Choose another provider

  5. Cari dan pilih Cloudflare (1.1.1.1)

Untuk Anda yang menggunakan Iphone, berikut cara Mengaktifkan VPN di iPhone

melalui pengaturan manual, tanpa menginstall dari Apple Store :

  1. Buka Settings

  2. Masuk ke bagian General

  3. Cari dan pilih menu VPN

  4. Ketuk opsi Add VPN Configuration

  5. Masukkan konfigurasi VPN ke dalam formulir yang tersedia

  6. Klik tombol Done

Walaupun VPN dapat menjaga privasi, memberi kebebasan, keamanan, dan kenyamanan saat berinternet, namun penggunaannya tidak boleh dilakukan sembarangan. Karena menggunakan VPN yang tidak jelas asal usulnya justru akan membahayakan Anda.

Maka, bijak dalam menggunakan VPN adalah kunci  keamanan data yang sesungguhnya, dalam menggunakan internet.

ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL LAINNYA
× Popup Image
Konsultasi gratis