Apakah Anda telah mempunyai website? Terlepas dari besar atau kecil nya usaha yang Anda miliki, sebaiknya Anda memiliki website sebagai media promosi usaha yang Anda jalankan. Website adalah media promosi online yang paling efektif dan efisien, dengan harga yang cukup terjangkau.

Melalui website, Anda dapat memberikan informasi-informasi terupdate mengenai usaha bisnis Anda. Apalagi di era digital ini, website menjadi penting dimiliki, agar bisnis yang Anda kelola dapat terus berkembang, dan membantu dalam proses transaksi pembelian, serta branding usaha Anda.

Keyword Artinya: Ini Pengertian dan Contoh Penerapannya

Dan jika Anda menginginkan website Anda bekerja secara maksimal, maka Anda sebaiknya menggunakan keyword yang tepat. Secara harfiah, keyword adalah sekumpulan kata yang membentuk kalimat dan frase yang dijadikan rujukan untuk “memanggil” sebuah konten pada sebuah mesin pencari, baik itu artikel, berita, newsletter, gambar, dan video.

Jadi, keyword adalah kata-kata atau frasa yang diketik oleh user atau calon klien Anda, di mesin pencari untuk menemukan Anda melalui internet.

Menentukan keyword yang tepat untuk memaksimalkan kinerja website kita, sangatlah penting. Karena website Anda bisa saja menjadi tidak maksimal walaupun berada di posisi paling atas pada mesin pencari, jika keyword yang kita taruh, tidak tepat. Maka itu, melakukan riset keyword merupakan salah satu cara agar website yang Anda miliki dapat bekerja secara maksimal. Berikut adalah beberapa tips menentukan keyword untuk website 

1. Analisa dan pelajari pesaing

Kita bisa menganalisa dan mempelajari pesaing bisnis kita, dengan melihat apa yang mereka targetkan dan apa yang mereka lakukan. Gunakanlah kata kunci alias keyword yang tepat. Pikirkan baik-baik jika Anda ingin menggunakan keyword dengan tingkat pencarian yang tinggi. Karena ada kemungkinan keyword tersebut telah digunakan oleh banyak pesaing Anda.

2. Teliti keyword dengan seksama

Tentukan keunikan dari keyword yang Anda gunakan. Tujuannya adalah untuk menemukan kata kunci yang paling relevan – yang terkait dengan bisnis Anda, sebagai langkah untuk mendapatkan target pasar. Bahwa penting juga bagi Anda untuk menemukan kata kunci yang inovatif dan unik, yang akan membuat situs web Anda menonjol dari semua situs web serupa lainnya.

3. Pantau kinerja keyword

Setelah Anda yakin telah menggunakan keyword yang cocok, Anda harus tetap selalu memantau kinerja keyword Anda. Untuk mengetahui tingkat keberhasilan keyword yang Anda gunakan, Anda bisa mengukurnya dengan menggunakan Google Analytics.  Dengan menggunakan Google Analytics, Anda bisa mengetahui beberapa hal berikut ini, yaitu:

  • Traffic – Mengukur berapa banyak jumlah pengunjung yang berhasil didapatkan setelah memasang keyword tersebut.

  • Click-through Rate (CTR) – Mengukur persentase orang yang mengklik konten Anda, saat melihatnya di halaman pencarian. Semakin tinggi persentasenya,maka semakin menarik kontennya.

  • Bounce Rate – Persentase pengunjung yang meninggalkan kontenmu dalam waktu singkat. Kebalikan dari CTR, semakin rendah nilainya, maka semakin bagus. Karena hal ini berarti pengunjung betah membaca konten Anda