Berikut Fungsi Website Untuk Aktifitas Sehari-hari
Web Development
28 December 2021

Tidak diragukan lagi bahwa teknologi dari jaman ke jaman selalu berkembang yang dulu hanya digunakan untuk beberapa kepentingan saja, sekarang sudah mulai berkembang untuk banyak hal, tidak berfokus pada satu kepentingan saja bahkan teknologi maju dapat digunakan oleh kepentingan semua golongan tidak hanya orang-orang tertentu saja.

Perkembangan teknologi tidak hanya berpacu kepada alatnya saja tapi juga media aplikasi yang memudahkan seseorang mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Salah satunya adalah dengan menggunakan website.

Manfaat Website Untuk Perusahaan dan Perorangan | defantri.com

Website adalah sekumpulan berbagai data informasi apa saja yang dapat dibaca oleh pengguna website melalui aplikasi pencari seperti, google, twitter, facebook dan masih banyak lagi aplikasi-aplikasi pencari yang dapat memberikan informasi yang kita butuhkan.

Terdapat tiga unsur dalam website agar dapat diakses oleh pengguna internet adalah sebagai berikut :

1. Domain

Domain merupakan nama yang digunakan untuk memudahkan para pengguna internet mengakses website.

2. Hosting

Hosting adalah yang menyimpan data kita berupa teks, foto, dan video di salah satu website agar nantinya Ketika kita ingin login ke website tersebut kita tinggal mengetik nama saja dan dapat diakses secara online.

3. Konten

Konten juga berperan seperti domain dan hosting, Karena jika website tidak mempunyai  konten, dapat dikatakan bahwa situs tersebut tidak memiliki tujuan yang jelas.

Unsur-unsur tersebut saling ketergantungan dan saling bersangkutan satu sama lain. Tanpa kita sadari dijaman sekarang ini pemakaian internet sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari dari orang-orang perkantoran, anak-anak sekolah bahkan sampai ibu-ibu rumah tangga.

Adapun dampak baik dan buruk dalam penggunaan internet ke kehidupan sehari-hari. Dampak baik penggunaan internet salah satunya adalah dapat  berkomunikasi tanpa batas dimanapun dan kapanpun, sekarang banyaknya layanan pemerintah hanya menggunakan website saja jadi tidak perlu lagi mengantri seperti dulu, mudah dalam bertransaksi bisnis banyak sekali website atau aplikasi-aplikasi yang memudahkan kita bertransaksi tanpa harus mengambil uang atau mencari ATM untuk mentransfer uang dan banyak sekali kemudahan-kemudahan hanya menggunakan internet dan website saja.

Namun tidak hanya pengaruh baik saja juga ada pengaruh buruk dalam penggunaan internet yaitu, kecanduan internet, penyalahgunaan data pribadi yang kita vlog, jadi kurang peduli dengan lingkungan sekitar, konten-konten yang tidak layak ditonton apalagi bagi anak-anak dibawah umur. Maka dari itu kita sebagai pengguna internet harus bijak dalam mengaplikasikannya dan untuk anak-anak menggunakan internet harus dalam pengawasan orang dewasa.

Website dan Manfaatnya untuk Pelaku Ecommerce

Pemanfaatan website tidak hanya untuk perusahaan-perusahaan saja tapi juga untuk kegiatan sehari-hari, banyak sekali penggunakan pribadi menggunakan website untuk bersosialisasi, informasi, berjualan online ataupun belanja online juga membuat konten di blog sendiri sebagai pemberi informasi/hanya untuk kesenangan semata.

Berikut adalah beberapa manfaat website dalam kehidupan sehari-hari :

a. Sebagai sarana hiburan

Banyaknya sarana website yang menyediakan konten-konten hiburan pabi pengguna internet seperti, video, flim, blog, informasi artis terkini dan masih banyak lagi yang bertujuan untuk menghibur dan kesenangan.

b. Membuat website pribadi

Website pribadi biasanya digunakan oleh personil atau perorangan yang didalamnya kita dapat menuangkan dengan tulisan opini atau isi hati kita, dan dapat disertai foto, data diri juga konten-konten yang kita buat. Contoh website ini adalah facebook, tikitok, twitter, pad, line, instgram dan masih banyak lagi.

c. E-Commerce/online shop

Online shop adalah dimana orang dengan mudahnya menjual dan membeli barang hanya menggunakan website yang telah tersedia, lalu antara produsen dan konsumen dapat berkomunikasi secara langsung tanpa harus bertemu.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat website dalam kegiatan sehari-sehari.  Dijaman sekarang ini siapa saja bisa mempunyai website, bisa sebagai pemberi informasi atau pencari informasi selagi mereka masih terkoneksi dengan jaringan internet. Saat menggunakan internet harus tetap berhati-hati dan lindungi data diri jangan sampai digunakan untuk kejahatan.

ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL LAINNYA
× Popup Image
Konsultasi gratis