Berikut Fitur Google Drive Yang Harus Diketahui
Software
25 October 2021

Dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih, proses penyimpanan data semakin kini semakin mudah. Kita ingat betul bahwa, dulu, untuk menyimpan data, kita membutuhkan sebuah media, mulai dari floppy disk atau disket,  CD-ROM atau CD-RW, hingga flash drive USB.

Kini, kita bisa menyimpan data di ‘awan’. Ya, untuk urusan penyimpanan data, telah tercipta teknologi cloud storage, yang memungkinkan kita untuk menyimpan data tanpa sebuah media.

‘Cloud’ artinya awan, sedangkan ‘Storage’ artinya gudang. Jadi secara harfiah, cloud storage adalah gudang awan. Cloud storage adalah media penyimpanan file berbasis online atau digital yang mengandalkan koneksi internet untuk akses data.

Google, sebagai salah satu perusahaan teknologi komputer, juga tidak mau ketinggalan untuk menyediakan layanan cloud storage. Google Drive, adalah layanan cloud store milik Google, yang dapat digunakan untuk menyimpan data-data secara online oleh para penggunanya.

Begini Cara Google Drive Lindungi Data Pengguna

Jika kamu memiliki akun Gmail, maka secara otomatis kamu akan dapat memanfaatkan layanan Google Drive tersebut. Melalui Google Drive, Kamu bisa menyimpan data-data seperti : photo, video, dokumen, atau data lainnya di server milik Google.

Secara umum, besar kapasitas yang disediakan oleh Google Drive adalah 15GB. Namun jika kamu merasa kurang, kamu bisa menambah kapasitas nya, dari 2TB hingga 5TB bahkan unlimited, dengan membeli layanan premium.

Keuntungan dengan menyimpan data di Google Drive adalah, resiko kerusakan atau kehilangan data sangat kecil. Data yang Anda simpan juga dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Ditambah lagi, data juga dapat diakses melalui perangkat apa saja seperti PC, Laptop, Smartphone, asalkan terkoneksi dengan internet.

Salah satu fitur yang ada di google drive, adalah Berbagai File. Atau mungkin yang lebih dikenal dengan istilah share. Dengan adanya fitur ini, sebuah data atau bahkan folder bisa diakses oleh orang lain, tentunya setelah orang tersebut meminta persetujuan untuk dapat ikut mengaksesnya. Ada Tiga tingkat akses yang tersedia, yaitu ‘dapat mengedit’, ‘dapat berkomentar’, dan ‘dapat melihat’.

Itulah tadi penjelasan singkat mengenai Google Drive. Semoga bermanfaat.

ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL LAINNYA
× Popup Image
Konsultasi gratis