Bagaimana Mempertahankan Pelanggan Untuk Bisnis Online ?
Business
29 December 2023

Memiliki pelanggan yang selalu kembali kepada kita adalah sebuah kunci keberhasilan dalam dunia bisnis. Mengapa demikian? Tentu saja karena mereka merupakan sumber pendapatan yang stabil, dan kemudian akan kita harapkan untuk selalu melakukan pembelian barang atau menggunakan layanan jasa dari bisnis yang kita miliki secara berulang, dan sehingga akan menjalin hubungan jangka panjang dengan kita.  

Pelanggan tentunya memiliki nilai strategis yang tinggi bagi bisnis. Dengan memiliki banyak pelanggan, diharapkan mereka akan melakukan pembelian berulang serta nantinya akan merekomendasikan bisnis kita kepada orang lain. Pelanggan juga dapat memberikan umpan balik berharga kepada bisnis, membantu dalam pengembangan produk atau layanan yang lebih baik, serta memberikan saran dan masukan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan.

Mempertahankan pelanggan merupakan tujuan yang penting bagi bisnis karena dapat membantu meningkatkan pendapatan jangka panjang, mengurangi biaya akuisisi pelanggan baru, dan memperkuat posisi bisnis di pasar. Nah, bagaimana cara mempertahankan pelanggan dalam bisnis? 

1. Mengadakan Program Loyalitas

Sediakan program loyalitas yang menarik untuk pelanggan lama. Hal ini dapat berupa program poin, diskon eksklusif, atau hadiah khusus bagi pelanggan setia. Program ini memberikan insentif bagi pelanggan untuk terus memilih bisnis Anda dan menciptakan rasa dihargai.

2. Rutin Komunikasi

Jaga komunikasi yang teratur dengan pelanggan lama. Kirimkan buletin, email, atau newsletter rutin untuk memberi tahu mereka tentang penawaran terbaru, promo khusus, atau pembaruan bisnis. Komunikasi yang teratur memperkuat hubungan dan menjaga pelanggan tetap terlibat dengan bisnis Anda. 

3. Pelayanan Pelanggan yang Superior

Tetapkan standar tinggi dalam pelayanan pelanggan. Pastikan tim Anda ramah, responsif, dan dapat membantu dalam menjawab pertanyaan atau menangani keluhan pelanggan. Memberikan pelayanan pelanggan yang superior menciptakan pengalaman positif dan meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda.

 4. Personalisasi Pengalaman Pelanggan

Berikan pengalaman yang personal kepada pelanggan lama. Ingat preferensi mereka, ulang tahun, atau perayaan khusus lainnya. Sediakan rekomendasi atau penawaran yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka. Personalisasi pengalaman pelanggan menciptakan hubungan yang lebih dalam dan membuat mereka merasa dihargai.

5. Terus Berinovasi

Jangan berhenti untuk terus berinovasi dalam produk atau layanan Anda. Tingkatkan kualitas, tambahkan fitur baru, atau ciptakan pengalaman yang lebih baik untuk pelanggan lama. Dengan terus berinovasi, Anda dapat mempertahankan ketertarikan dan minat pelanggan untuk tetap setia pada bisnis Anda.

6. Layanan Pelanggan yang Proaktif

Jangan hanya menunggu pelanggan lama menghubungi Anda dengan masalah atau pertanyaan. Sebaliknya, aktiflah dalam memantau kebutuhan mereka dan menawarkan bantuan sebelum mereka memintanya. Ini dapat dilakukan dengan mengirimkan pesan atau panggilan secara berkala untuk menanyakan apakah mereka puas dengan produk atau layanan yang mereka gunakan. Dengan menjadi proaktif, Anda menunjukkan perhatian dan kepedulian yang mengesankan kepada pelanggan, serta memberi mereka rasa dihargai.

7. Layanan Pasca-Penjualan yang Baik

Jangan mengabaikan pelanggan setelah mereka melakukan pembelian. Berikan layanan pasca-penjualan yang baik untuk memastikan kepuasan mereka. Misalnya, memberikan bantuan teknis, memberikan solusi, atau panduan penggunaan produk. Sehingga Anda membangun kepercayaan dan memperkuat hubungan jangka panjang dengan mereka. Layanan pasca-penjualan yang baik ini juga membuka peluang untuk melakukan penjualan tambahan atau memperoleh rekomendasi dari pelanggan.

Custom Website SI

Untuk pembuatan sistem berbasis website

 

Start From
Contact us
(Gratis Konsultasi)
Pembuatan Sistem Bisnis berbasis web
Analisa Kebutuhan Bisnis
Web Development Services
Admin data dan service maintenance
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL LAINNYA
× Popup Image
Konsultasi gratis