Bagaimana Format Dalam Pertandingan Esports?
Esports
22 November 2021

Setiap pertandingan Esports memiliki format dalam pertandingan. Tetapi, masih banyak juga yang belum mengetahui apa saja format dalam turnamen esports.

Esports ID | El Clasico M1, EVOS Lanjutkan Dominasi atas RRQ

Di turnamen esport mempunyai banyak pilihan format yang bisa digunakan, setiap game yang dipertandingkan berbeda formatnya dengan game yang lain. Agar kamu tidak bingung apa saja formatnya, inilah beberapa format dalam turnamen esports :

1. Best of “X”

Best of X adalah format pertandingan yang paling umum dalam turnamen esports. Masing-masing tim atau pemain akan bertanding sebanyak X yang ditentukan dan siapapun yang menang lebih banyak dalam X kali bertanding keluar sebagai pemenang. X sebagai angka ganjil. Pertandingan Best of X tidak akan dilanjutkan sampai akhir jika ada satu tim yang sudah mencapai jumlah kemenangan.

2. First to “X”

First to X adalah format yang dimana satu pemain atau tim harus lebih dulu mencapai X kali kemenangan sebelum lawan.

3. Last Man Standing

Last Man Standing merupakan format yang berlaku untuk pertandingan berbasis tim yang berdiri dari sejumlah pemain untuk game perorangan. Dalam format ini, memiliki satu ace yang bisa menyapu bersih semuanya adalah salah satu modal yang bagus.

4. Round Robin

Format Round Robin semua timnya di dalam grup yang sama. Hasil pertandingan akan diakumulasikan menjadi poin sesuai dengan ketentuan penyelenggara dan peringkat grup akan dilihat berdasarkan perolehan poin.

5. Conquest

Di format ini menuntut strategi yang lebih sulit. Kamu harus punya line up yang seimbang dan memiliki cara untuk menang menghadapi sebagian atau seluruh lineup lawan. Dan di format ini kamu bisa kalah karena satu lineup kamu tidak bisa memetik kemenangan.

6. GSL

GSL atau kepanjangan dari Global Starcraft II League adalah format grup yang berbentuk double elimination bracket. Format yang biasanya berisi empat tim atau pemain.

7. Single Elimination

Di Single Elimination peserta akan di pasangkan berdasarkan undian atau seeding dan bertanding sesuai dengan format pertandingan yang sudah ditentukan. Setiap babak, jumlah peserta akan berkurang setengah hingga tersisa dua di babak final.

8. Double Elimination

Double Elimination adalah format yang dimana masing-masing peserta akan dipasangkan berdasarkan undian ke skema awal yang disebut winners atau upper bracket. Tim atau pemain yang kalah tidak langsung gugur dari tunaman teteapi, turun ke losers atau lower bracket.

Nah searcher itulah beberapa format yang biasa dipakai dalam pertandingan esports.

ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL LAINNYA
× Popup Image
Konsultasi gratis