Bagaimana Cara Menginstal Aplikasi Di Laptop Mudah dan Aman
Technology
15 November 2021

Fakta menunjukan bahwa kebanyakan orang lebih memilih untuk memiliki sebuah laptop ketimbang desktop PC. Alasannya cukup jelas, yaitu laptop dapat dipindahkan dan dibawa dengan mudah sehingga dapat digunakan di banyak tempat.

Resiko yang Terjadi Jika Sering Instal Ulang Windows pada Komputer atau  Laptop

Dan kini, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, kita bisa dengan mudah menginstal berbagai aplikasi di dalam laptop. Kamu bisa melakukannya sendiri sehingga tak perlu meminta bantuan teman untuk mendownload aplikasi yang diinginkan tersebut. Software gratis memang sebuah solusi mudah. Alasanya tentu karena kita bisa mendapatkan software yang kita butuhkan tanpa keluar biaya kita. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar proses instalasi mudah dan aman. 

1. Download aplikasi dari Windows Store yang resmi

Bagi kamu pengguna windows 7, 8, atau 10, sebaiknya kamu menggunakan Windows Store yg ada di laptop kamu.

  • Buka Windows Store melalui menu start yang ada pada windows.

  • Setelah masuk, cari aplikasi yang diinginkan salah satunya bisa dengan mengetiknya pada kolom pencarian.

  • Jika sudah menemukan aplikasi, kamu bisa mendownloadnya.

2. Download aplikasi dari Situs yang dipercaya

Jika kamu tidak dapat menemukan aplikasi yang kamu inginkan di Windows Store yang resmi, kamu bisa coba untuk mencari nya di tempat lain. Banyak situs-situs yang menawarkan aplikasi software gratisan.

Tapi ingat, cobalah untuk meneliti dan mencermati situs tersebut. Bukan hal yang tidak mungkin, aplikasi yang kamu ingin install disisipi oleh virus atau malware, sehingga dapat merusak laptop kamu. 

3. Ketahui spesifikasi laptop kamu dengan benar

Sesuaikan aplikasi yang hendak kamu download, dengan spesifikasi laptop kamu. Biasanya akan ada beberapa pilihan aplikasi tergantung dari windows berapa yang kamu gunakan, apakah itu 32 bit atau 64 bit, atau juga berapa RAM yang kamu miliki. Pastikan semuanya compatible alias cocok

4. Perhatikan proses instalasi dengan benar

Tips terakhir, usahakan untuk memperhatikan selama proses instalasi dari awal dengan akhir dengan benar.. Karena software gratis banyak mengikutsertakan software lain yang tidak kamu butuhkan. Jika kamu membiarkan hal tersebut, software-software yang tidak kamu butuhkan tersebut justru akan membebani sistem komputer kamu, sehingga performa komputer kamu akan melambat.

Itulah beberapa tips untuk menginstall aplikasi di laptop kamu searcher. Semoga bermanfaat untuk kamu ya.

ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL LAINNYA
× Popup Image
Konsultasi gratis