Aplikasi Webcam Free Untuk Kamera Laptop
Technology
13 October 2021

Bagi kamu yang kesehariannya menggunakan laptop, tentu sudah tidak asing dengan fungsi kamera yang tersedia di laptop kamu. Dengan adanya kamera di laptop kamu, kamu bisa melakukan panggilan video sambil bertatap muka secara langsung. 

macbook air displaying woman in white shirt

Adanya kemajuan teknologi ini, sangat memudahkan keseharian kita baik di bidang pendidikan maupun di bidang pekerjaan. 

Apalagi di beberapa tahun terakhir ini, kita dipaksa untuk beradaptasi dengan keadaan dan situasi pandemi yang menjadikan kita semakin akrab dengan teknologi panggilan video jarak jauh. 

Mulai dari yang namanya sistem sekolah dari rumah atau belajar online, hingga kewajiban untuk bekerja dari rumah atau Work From Home alias WFH, semua hal ini terbantu dan dimudahkan dengan adanya kamera yang ada di laptop kamu. 

Namun, terkadang aplikasi webcam bawaan yang disediakan oleh pihak produsen, kurang memuaskan. Permasalahan utama yang sering dijumpai adalah kurang friendly-user nya  untuk mengaplikasikan aplikasi webcam tersebut. Atau kadang fitur-fiturnya terlalu sederhana.

Untuk itu, mungkin kamu bisa mencoba untuk menginstall aplikasi webcam free lainnya, yang dapat lebih memudahkan kamu dalam menggunakan webcam laptop kamu. Berikut adalah beberapa contohnya. 

1. Youcam

Aplikasi webcam free pertama yang akan kita bahas adalah YouCam. Aplikasi ini merupakan pilihan terbaik jika kamu menginginkan sebuah aplikasi kamera di laptop maupun komputer. 

YouCam memiliki fitur yang cukup lengkap. Semua fitur tersebut bisa kamu gunakan untuk mempermudah dalam menggunakannya. Beberapa fitur yang terkenal adalah Panorama dan HDR yang mampu menghasilkan gambar lebih bagus.

2. Free Screencast

Kedua, ada aplikasi Free Screencast. Aplikasi ini bisa anda gunakan sebagai alternatif aplikasi kamera laptop kamu. Aplikasi ini bisa anda gunakan untuk merekam video lengkap dengan audionya dalam berbagai macam format.

Dari segi fitur, Free Screencast juga menyediakan fitur yang tidak kalah lengkap dibandingkan YouCam. Salah satu fitur menarik yang disediakan adalah, kamu bisa merekam tampilan yang ada pada layar desktop. Fitur ini sangat bermanfaat bagi kamu yang ingin membuat video tutorial yang memerlukan tampilan layar pada komputer atau laptop kamu. 

3. ManyCam

Jika kamu menginginkan sebuah aplikasi webcam yang kayak dengan efek dan stiker, maka ManyCam adalah jawabannya.

Aplikasi yang satu ini menyediakan sebuah tool yang dapat digunakan untuk menyisipkan maupun mengedit berbagai macam stiker. ManyCam juga menyediakan beberapa pilihan resolusi yang bervariasi yaitu 240p, 480p, HD, dan juga Full HD.

Itulah beberapa aplikasi webcam free yang bisa kamu coba. Semoga membantu.

ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL LAINNYA
× Popup Image
Konsultasi gratis