Apakah Website E-commerce Dapat Menjadi Kunci Sukses Dalam Bisnis?
Web Development
11 April 2022

Tak bisa dipungkiri bahwa kini penggunaan teknologi di era digitalisasi, kian hari semakin meningkat, terutama bagi pelaku usaha yang menerapkan sistem digitalisasi. Sejalan dengan kemajuan teknologi, para usahawan kini telah menggunakan sistem e-commerce dalam menjalankan usahanya.

Dari segi bahasa, e-commerce sendiri adalah singkatan dari electronic commerce yang bisa diartikan perdagangan elektronik. Maka secara umum, e-commerce dapat didefinisikan sebagai proses jual beli atau transaksi antara penjual dan pembeli, yang dilakukan secara digital melalui media elektronik. Media elektronik yang digunakan dapat berupa internet, televisi, smartphone, dll.

Kursus Toko Online - Kursuswebpro

Selain media-media tersebut, Website pun kini juga menjadi salah satu andalan bagi para usahawan. Perkembangan Website e-commerce di Indonesia terbilang cukup meningkat. Pada tahun 2018, e-commerce di Indonesia mengalami pertumbuhan sebesar 78%. Dengan persentase 17, 7% merupakan transaksi pemesanan tiket pesawat dan pemesanan hotel. Kemudian 11, 9% merupakan transaksi pakaian dan alas kaki. Dan 10% merupakan produk kosmetik dan kesehatan. 

Di Indonesia sendiri, telah memiliki startup Unicorn dan beberapa diantaranya bergerak dalam bidang e-commerce. Hal tersebut membuat banyak yang berminat dalam menggunakan jasa layanan pembuatan website e-commerce. Beberapa e-commerce di Indonesia yang menjadi startup Unicorn diantaranya adalah Tokopedia, Traveloka, dan Bukalapak.

Salah satu keuntungan e-commerce adalah dapat diakses dimana saja dan hanya perlu dukungan koneksi internet yang baik. Jadi dengan menggunakan website e-commerce, Anda menghemat waktu untuk melakukan hal-hal lain yang lebih signifikan untuk meningkatkan bisnis Anda. 

Selain dapat menghemat waktu Anda, konsumen yang ingin membeli produk bisnis Anda juga dapat membeli tanpa harus mengantri di toko atau membelinya secara manual. Dan juga, dengan website e-commerce, Anda bahkan dapat menjual produk-produk Anda dengan mudah sampai ke pelosok daerah. 

Produk fashion masih jadi yang terfavorit di "e-commerce" - ANTARA News

Bahkan, kini e-commerce telah berkembang dengan memiliki banyak fitur menarik bagi para konsumen, seperti fitur chat dan fitur search agar lebih mudah mencari produk yang ingin mereka beli. Fitur ini pun tidak perlu dikembangkan sendiri oleh pemilik bisnis karena akan disediakan langsung oleh pengembang aplikasi/website.

Jadi, jangan ragu untuk memiliki website E-commerce yang dapat menjadi kunci sukses dalam bisnis Anda.

ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL LAINNYA
× Popup Image
Konsultasi gratis