Apa Itu White Space Design ? Apakah Perlu Menerapkannya ?
Web Development
7 March 2022

Apa Itu White Space ?

Dalam dunia design, ada yang dikenal dengan istilah White Space. White space adalah ruang kosong di antara dan atau di sekitar unsur-unsur desain, baik dari segi layout ataupun halaman. Dengan adanya white space, diharapkan akan mampu membuat viewers lebih fokus pada elemen utama yang ada di sekitarnya. Karena dengan begitu orang hanya akan melihat satu elemen tanpa ada apapun di sekitarnya.

Sebenarnya white space tidak serta merta berarti “ruang putih”. Kita bisa menggunakan warna apa saja asalkan tercipta ruang kosong yang membantu memisahkan elemen yang berbeda dan kontras dengan elemen yang disorot atau elemen utama.

Mengapa perlu ada white space?

Selain untuk memberikan fokus pada hal utama, kehadiran White space juga diperlukan untuk memberikan jeda pada mata agar mata tidak terlalu lelah melihat desain yang padat. Selain itu, white space juga dapat mengurangi kekacauan dan membuat halaman web menjadi lebih indah secara estetika.

Graphic Design and the Power of White Space

Dengan adanya white space ini, memungkinkan terjadinya jeda visual saat memproses konten landing page kita. Karena dengan lebih sedikit elemen dan sedikit gangguan, otak kita akan lebih mudah untuk menerima dan memproses informasi, dan untuk lebih fokus pada hal-hal yang paling penting.

Dengan White space sebuah desain tidak mudah terkecoh dengan informasi lain. Sebab, penempatan yang tidak terlalu padat dan juga menjadikan objek menjadi dominan. Hal tersebut sangat membantu dalam menyampaikan pesan secara efektif

Berikut adalah beberapa aspek penting yang bisa dioptimalkan dengan menggunakan White Space:

  1. Headline, akan menarik perhatian viewer lebih cepat ketika white space mengelilinginya.

  2. Layanan Perusahaan, ketika kita mengkombinasikannya dengan white space, point-point yang diberikan white space akan lebih terhighlight dan menarik perhatian.

  3. Logo Perusahaan Klien, logo perusahaan yang menjadi klien adalah salah satu aspek paling meyakinkan untuk membantu membangun otoritas dan kredibilitas.

Lalu, bagaimana tips dan cara menerapkan white space?

  • Jangan menggunakan terlalu banyak elemen.

  • Berikan Lebih Banyak Margin.

  • Berikan banyak Spacing ke elemen grafis.

  • Jangan takut menggunakan white space atau  spacing negatif.

Sekilas, penggunaan White space memang terlihat sederhana. Namun, ternyata dampak yang bisa dihasilkan ketika kita mengaplikasikannya dalam sebuah desain, dapat menghasilkan desain yang baik dan mampu memberikan user experience yang baik.

ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL LAINNYA
× Popup Image
Konsultasi gratis