Apa itu Google Search Console? Ini Pengertian dan Fitur-fiturnya
Technology
9 September 2021

Google Search Console merupakan tools yang sangat efektif untuk melihat performa website. Tools ini disediakan secara gratis oleh Google untuk mengidentifikasi performa website jika Anda menggunakan cara organik atau SEO.

Di era digital sekarang, para marketer termasuk pemilik website sangat disarankan menggunakan Google Search Console. Karena kamu bisa menganalisis website dengan lebih lengkap.

Google Search Console คือ อะไร? คนทำเว็บไซต์ควรรู้ คนทำ SEO ไม่ควรพลาด

Pengertian Google Search Console dan Kaitannya dengan Website

Google Search Console atau Google Webmaster Tools merupakan platform gratis yang bisa dipakai oleh pemilik website. Dengan tools ini Anda akan tahu kinerja website di mata Google.

Di Google Console ini, Anda akan mengetahui banyak data dari website yang Anda kelola. Misalnya kata kunci apa saja yang sering dicari oleh orang di mesin pencari. Kemudian berapa view, klik, dan posisi kata kunci website Anda.

Di awal Anda akan bingung ketika pertama kali menggunakan Google Console dan hanya akan melihat grafik-grafik saja. Namun seiring berjalannya waktu Anda akan terbiasa dengan tools gratis dari Google ini.

Fitur Google Search Console dan Manfaatnya untuk Website

Salah satu fitur yang paling berguna dari Google Console ini adalah Performance. Manfaat Google Search Console untuk website tentu saja sangat banyak. Anda akan tahu halaman dan kata kunci apa saja yang menghasilkan banyak trafik ke website Anda.

Fitur lain yang tak kalah penting adalah Index Coverage untuk mengetahui apakah halaman Anda sudah terindeks atau belum oleh Google. Masalah error, duplicate content, dan masalah lainnya bisa Anda ketahui.

Anda juga akan tahu dari mana saja pengunjung website Anda. Bahkan Anda juga akan tahu apakah website Anda itu banyak diakses di perangkat mobile, tablet, atau laptop. Sehingga Anda bisa membuat konten yang sesuai dengan target audiens tersebut.

Fitur yang selanjutnya adalah XML Sitemap yang bisa memberikan informasi terhadap mesin pencari mengenai halaman yang dimiliki oleh website Anda.

Meskipun pengaruhnya tidak terlalu signifikan, namun fitur ini bisa membantu mesin pencari untuk mengindeks semua halaman di website Anda dengan efisien.

Bagi Anda pemilik website baik website toko online maupun website company profile, tools ini sangat kami rekomendasikan. Secara tidak langsung Google Search Console bisa membantu meningkatkan performa website Anda.

ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL LAINNYA
× Popup Image
Konsultasi gratis