5 Tanda Peringatan Akun Anda Diretas|Kena Hack
Security
26 October 2022

Semakin canggih teknologi, maka semakin canggih pula para hacker dalam melakukan kejahatan di dunia digital. Ancaman dari hacker tersebut kerap kali menjadi mimpi buruk bagi semua orang, khususnya bagi mereka yang bekerja di dunia digital. Bahkan kita pun dapat menjadi korban hacker, jika akun-akun penting kita diretas oleh mereka.

Apa itu Hacker? Hacker merupakan sosok yang mempunyai kemampuan untuk  mampu membobol sistem keamanan di dunia digital. Walaupun tidak semua, namun kebanyakan para hacker ini melakukan aksinya untuk mendapatkan keuntungan dengan cara yang illegal, alias melakukan tindakan yang melanggar hukum. 

Hacking Adalah : Pengertian , Jenis Dan Macam - Macam Hacking

Mungkin kita menganggap bahwa sasaran dari para hacker ini hanya menyasar pada website milik pemerintahan, perbankan, lembaga keuangan, atau perusahaan besar lainnya. Namun, ternyata ada riset di tahun 2019, yang menemukan fakta bahwa mereka juga menyasar website bisnis-bisnis kecil. Yang artinya,pemilik bisnis online pun kini perlu waspada terhadap serangan hacker. Motifnya, tentu saja mencari keuntungan sebanyak-banyaknya.

Penting bagi kita untuk mengetahui tanda-tanda jika akun kita diretas, dengan begitu Anda tidak akan dirugikan. Berikut adalah 5 tanda yang perlu Anda perhatikan jika akun Anda diretas :

1. CPU usage tinggi

WMI provider host process yang multi fungi, terlalu banyak background process, yang berarti ada virus, atau antivirus yang mengalami error.

2. Credit score drop

Waspada dengan penipuan kartu kredit, karena disana banyak upaya phising untuk mengirimkan detail data pribadi.

3. Permintaan reset password ke email

Bisa jadi permintaan reset password yang diterima adalah salah satu upaya dari hacker yang ingin masuk kedalam sistem digital Anda. Untuk itu, pilihlah kata sandi (password) yang kuat alias tidak mudah ditebak, dan ada baiknya Anda rutin untuk memperbarui kata sandi (password) Anda. Bahkan, jika perlu, gunakanlah atau aktifkan fitur verifikasi 2 langkah.

4. Data personal disusupi

Berhati-hatilah saat Anda menggunakan wifi di ruang terbuka. Sebaiknya Anda menggunakan mode Incognito saat berselancar dengan menggunakan wifi di ruang umum, agar data personal Anda tidak disusupi 

5. Ransomware

Ransomware adalah malware yang digunakan peretas guna mengenkripsi data. Sebagai langkah antisipasi, sebaiknya Anda menginstall AntiVirus dan cadangkanlah semua data Anda dalam opsi offline yang aman.

Tetaplah waspada, dan lakukanlah perlindungan terhadap website Anda semaksimal mungkin, agar website Anda terhindar dari serangan hacker.

ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL LAINNYA
× Popup Image
Konsultasi gratis