5 Strategi Agar Bisnis Online Tetap Unggul & Eksis
Web Development
18 September 2023

Memulai suatu bisnis dari nol, lalu merintisnya hingga menghasilkan sesuatu tidaklah mudah. Setiap pencapaian yang kamu dapatkan akan memberikan rasa bangga tersendiri bagi kamu.

Tapi, cukup sampai di situ saja merasa puasnya, kamu harus paham bahwa kesuksesan yang diraih saat ini belum tentu akan terus berlanjut.

Masih banyak tantangan berbisnis di luar sana yang akan selalu menghadang kamu. Bila tidak waspada, hal itu bisa saja membuat bisnis terpuruk di kemudian hari.

Setiap tahunnya akan ada banyak peluang baru bermunculan, tentunya tidak sama dengan yang sebelumnya. Maka dari itu, kamu harus jeli dalam melihat dan menangkap peluang tersebut.

Dengan mengamati perkembangan yang ada di pasaran, kamu bisa mengikuti tren yang ada dan update dengan keadaan sekitar konsumen, sehingga bisnis tidak akan ketinggalan zaman.

Maka dari itu, jangan terlena berlebihan dan mulailah menyiapkan strategi mempertahankan bisnis agar terus tumbuh. Berikut adalah beberapa strategi yang bisa kamu terapkan!

1. Memiliki website

 Anda juga dapat menerapkan digital marketing. Digital marketing adalah aktivitas promosi sebuah brand atau pun produk/jasa menggunakan media elektronik atau digital.

Jika Anda tidak bisa menggunakan digital marketing, Anda juga dapat menggunakan jasa perusahaan e-commerce yang menjual jasa digital agency yang dapat membantu mengembangkan bisnis Anda.

Dengan begitu, Anda tidak perlu bingung untuk melakukan kegiatan pemasaran. adapun teknik pemasaran dalam digital marketing seperti search engine optimization (SEO), billboard eletronik, iklan televisi dan radio, email marketing dan lainnya.

2. Aktif memanfaatkan media sosial

Di era millennial sekarang ini, setiap perusahaan pasti setuju bahwa media sosial sangat berperan sebagai sarana pemasaran yang ampuh. Karena hampir setiap kalangan dalam lapisan masyarakat Indonesia, sangat aktif menggunakannya. Melalui media sosial, perusahaan dapat berhubungan dan menjalin interaksi secara luas dengan beragam audiens.

Selain itu, biaya yang dikeluarkan juga relatif murah jika dibandingkan dengan media pemasaran lain dengan hasil yang cukup menjanjikan. Strategi pemasaran media sosial juga memungkinkan perusahaan untuk memilih segmen yang sesuai dengan produk yang akan dipasarkan. Sehingga produk yang ditawarkan pada akhirnya memiliki peluang tinggi atas penjualan. Saat ini media sosial yan.

3. Menjalin hubungan baik dengan pelanggan

Pelanggan yang setia merupakan bagian penting bagi perusahaan Anda. Karena mereka secara berulang membeli produk Anda. Hal ini berarti pemasukan rutin yang Anda dapatkan tidak terlepas dari loyatitas pelanggan Anda tersebut. Agar tidak kehilangan pembeli di tengah banyaknya kompetitor pasar, maka yang dapat Anda lakukan adalah memberikan apresiasi atau penghargaan kepada para pelanggan. Penghargaan tersebut dapat berupa memenuhi masukan dan saran yang mereka berikan atau mengirimkan hadiah untuk mereka karena sudah berlangganan. Termasuk menghadirkan Customer Service yang tepat dan responsif, UI yang mudah dimengerti, dll.

4. Terus berinovasi

Inovasi juga merupakan bagian penting dalam strategi bisnis Anda akan maju ke depan. Seperti yang diketahui bahwa dunia bisnis sangat cepat berubah, hampir setiap harinya ada saja sebuah trend baru.

Oleh karena itu, inovasi sangatlah dibutuhkan agar Anda dapat bersaing dengan kompetitor Anda.  Buatlah produk atau jasa Anda berbeda dan istimewa dari yang lain.

Membuat inovasi memang lah sulit, karena terkadang sebuah perubahan yang sudah Anda siapkan dan diprediksi akan membuat sukses ternyata justru tidak memberikan hasil yang signifikan.

Namun melalui proses yang baik dan benar, Anda pasti dapat menciptakan inovasi.

5. Memiliki ciri khas

Untuk bisa dikenal oleh masyarakat secara luas strategi branding ini sangat penting yaitu Anda tentu harus mempunyai ciri khas yang membuat banyak orang terus teringat dengan produk Anda. Misalnya saja dari segi logo, nama brand, keunikan produk dan sebagainya.

Jika bisnis Anda tidak memiliki ciri khas tersendiri, maka orang-orang akan menganggapnya biasa dan bisa jadi tidak tertarik sama sekali.

Website UMKM

Website Custom dengan design Khusus

Start From
Rp7.000.000
(Gratis Konsultasi)
6 - 10 Halaman Website Custom
Domain Gratis 1 tahun
Lama pengembangan 1 - 3 Bulan
Jasa edit gambar 6 dengan logo
Pemasangan Google analytic SEO
Artikel Konten SEO 3
Admin Input Data
Visitor report dan analysis
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL LAINNYA
× Popup Image
Konsultasi gratis