10 Plugin Figma Terpopuler Designer Wajib Tahu!
Technology
27 December 2022

Bagi seorang UI designer, tentu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Figma. Figma merupakan aplikasi desain digital dan prototipe, yang berbasis cloud dan web. Aplikasi yang dapat diakses melalui web browser ataupun desktop app ini, digunakan untuk membuat desain website, aplikasi mobile, dan komponen antarmuka pengguna/user interface, beragam explorasi desain seperti UI/UX pada website, desain logo, desain mobile apps, dan lain-lain.

10 Plugin Figma Terbaik Untuk UI/UX Designer | by Muhamad Reza Adityawarman  | Hoomix | Medium

Keunggulan Figma, karena memiliki fitur-fitur yang mumpuni untuk menunjang kegiatan desain para desain, karena mampu mengerjakan suatu projek dengan user lain secara bersamaan secara real time. Figma juga punya aplikasi pendamping yakni Figma Mirror untuk iOS dan Android yang dapat melihat prototype Figma pada perangkat mobile.

Aplikasi Figma ini digunakan oleh banyak desainer karena menawarkan berbagai macam plugin yang sangat bermanfaat bagi para desainer.

Berikut adalah 10 plugin terpopuler yang dimiliki oleh Figma :

1. Autoflow

Autoflow adalah plugin terbaik untuk membuat user flow yang mudah dan cepat. Desainer dapat membuat user flow dalam waktu yang relatif singkat, hanya dengan membuat bentuk dan menghubungkannya saja.

2. Batch Styler

Batch Styler adalah plugin yang bisa digunakan untuk mengubah banyak warna dan font sekaligus, dengan hanya satu klik saja.

3. Blush

Blush adalah library tempat untuk mengunduh dan menyesuaikan ilustrasi sesuai dengan kebutuhan kita. Plugin ini gratis, dan tidak perlu berlangganan premium untuk mengunduh atau menggunakannya.

4. Chart

Plugin Figma yang satu ini dapat menggunakan data random untuk membuat grafik dan bagan. Chart mendukung copy-paste (salin tempel) dari editor seperti Microsoft Excel, Google Sheets, remote JSON (REST API), file CSV dan file JSON.

5. Content Reel

Plugin yang dikembangkan oleh Microsoft ini, adalah plugin untuk mendapatkan berbagai macam gambar, teks, ikon bahkan avatar.

6. Dark Mode Magic

Dark Mode Magic merupakan plugin ajaib yang mampu mengubah desain yang semula memiliki skema warna terang menjadi tema gelap hanya dengan satu klik. 

7. Feather icons

Plugin feather icons ini berisi ikon-ikon dasar. 

8. Figma to HTML, CSS, React & more!

Plugin yang digemari oleh banyak orang ini, dapat mengkonversi website apapun menjadi desain Figma hanya beberapa klik saja. 

9. Figmoji

Figmoji merupakan library pack yang berisi banyak emoji. Anda bisa dengan mudah memilih emoji yang diinginkan kemudian Figmoji akan membuatkan gambar SVG dari emoji tersebut.

10. Icon Resizer

Daripada mengimpor banyak ikon dan mengubah ukurannya secara manual, kini Anda dapat mengubah ukuran semua ikon yang dipilih dengan satu klik.  Jadi tidak perlu lagi melakukan prosedur yang sangat panjang dan ribet.

ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL LAINNYA
× Popup Image
Konsultasi gratis